Jumat, 17 Desember 2010

DESA BINAAN 2009




Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat, hidup di masyarakat dan kemudian bersatu dengan masyarakat dalam rangka memainkan peran aktif keduanya. Kehidupan mahasiswa di lingkungan ekstra kampus tidak pernah terlepas dari masyarakat, sehingga dalam kesehariannya mahasiswa selalu berinteraksi dengan masyarakat sekitar tempat tinggalnya.
Oleh karena itu, Kami dari Badan Eksekutif Mahasiswa dalam rangka mewujudkan salah satu tujuan Kampus Sehat IT Telkom yaitu Sehat Jasmani, Sehat Rohani, Sehat Intelektual, Sehat Lingkungan, dan Sehat Sosial, maka kami dari BEM KBM IT Telkom bermaksud menyelenggarakan program “Desa Binaan”. Dengan kegiatan ini diharapakn dapat tercipta kerja sama antara mahasiswa dan masyarakat, sehingga terciptanya suatu kesinambungan hubungan yang baik antara masyarakat dan mahasiswa serta menyehatkan masyarakat sekitar kampus IT Telkom.
Dalam pelaksanaannya, kami membuat sebuah tema yaitu “Pembinaan dan Pemberdayaan Menuju Kemandirian Warga.” Dimana dalam outputannya kami menginginkan suatu kondisi masyarakat yang mandiri dan inipun tidak terlepas dari Kampus Sehat IT Telkom.
Selain itu, acara ini dimaksudkan untuk mengembangkan potensi masyarakat di sekitar kampus IT Telkom. Program Desa Binaan ini diupayakan dapat merangkul lebih banyak lagi masyarakat sekitar desa binaan ini sehingga dapat menjadi contoh bagi masyarakat desa lain.
Kegiatan ini dilaksanakan terpusat di salah satu desa bertujuan agar hasil yang diperoleh maksimal mengingat tenaga pelaksana dan keterbatasan lain yang dimiliki. Diharapkan untuk kedepannya Program Desa Binaan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat desa lain dan dapat menularkan hasil yang diperoleh saat program ini berlangsung kepada masyarakat sekitarnya.
Program ini terbagi menjadi beberapa bidang diantaranya bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang rohani, bidang jasmani, dan bidang lingkungan. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi kami untuk mengambil beberapa bidang ini, karena berdasar pengamatan kami dan beberapa wawancara yang kami lakukan pada beberapa responden, permasalahan ini adalah permasalahan yang paling banyak muncul di lingkungan desa cieterup.
Dalam merealisasikan bidang tersebut menjadi suatu kegiatan, kami merangkumnya dalam beberapa kegiatan, yaitu:
1. Bidang Lingkungan
a) BBB (Bersih-Bersih Berhadiah)
Bentuk dari kegiatan ini adalah pemberian hadiah kepada masyarakat yang rumahnya paling memenuhi 3 kriteria ( bersih, rapi, dan sehat). Sasarannya masyarakat Desa Citeurep, (orang tua dan pemuda)
b) BENGKEL RECYLE
Bentuk dari kegiatan ini adalah Pembangunan tempat pembakaran dan pengolahan sampahserta pendayagunaan kembali sampah menjadi barang ekonomis. Sasaran masyarakat Desa Citeurep, (orang tua dan pemuda)
2. Bidang Rohani
a) TIFA (Tilawah dan Hafalan) & LOFI (Lomba Kaligrafi)
Bentuk dari kegiatan ini adalah Mengembangkan kemampuan anak untuk berkreasi dalam bidang agama melalui pembelajaran tilawah, hafalan dan kaligrafi yag nanti pada akhir rangkaian aca desa binaan akan di selenggarakanperlombaan kaligrafi. Sasarannya adalah anak–anak usia sekolah dasar Desa Citeurep.
b) Bedah Masjid
Bentuk dari kegiatan ini adalah pembersihan dan pembenahan masjid. Sasaran warga masyarakat sekitar masjid Desa Citeurep.
3. Bidang Jasmani
a) SEGERA (Senam Gembira)
Bentuk dari kegiatan ini adalah mengadakan kegiatan bina jasmani berupa senam kesehatan jasmani. Sasaran masyarakat Desa Citeurep.
b) GELAS DOORPIZE
Bentuk dari kegiatan ini adalah Mengadakan kegiatan bina jasmani berupa jalan sehat yang nantinya akan dilombakan berdasar kostum, kekompakan dll. Sasaran masyarakat Desa Citeurep, Kec. Dayeuh Kolot, Kab. Bandung
4. Bidang Pendidikan
a) BEPE (Belajar Pintar)
Bentuk dari kegiatan ini adalah memberikan pengajaran kepada murid kelas 5 SD, dengan materi yang sesuai dengan kurikulum, untuk memacu minat dan motivasi siswa dalam belajar. Sasaran Murid Sekolah Dasar kelas 4,5,6 Desa Citeureup.
b) KCB (Ketika Cerdas Beradu)
Bentuk dari kegiatan ini adalah menguji kecerdasan anak melalui perlombaan cerdas cermat, yang nantinya akan berujung pada perlombaan cerdas cermat antara anak kelas 5 SD dengan mahasiswa. Sasaran anak usia sekolah dasar Desa Citeureup.
5. Bidang Ekonomi
a) Pelatihan Enterpreneurship
Bentuk dari kegiatan ini adalah pelatihan enterpreneurship. Sasaran warga masyarakat Desa Citeurep.
b) Filter Air
Bentuk dari kegiatan ini adalah pelatihan kepada warga sekitar yang berminat untuk menghasilkan filter airmenghasilkan filter air sehingga dapat digunakan untuk pribadi atau dijual kembali. Sasaran masyarakat Desa Citeureup para remaja.

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum, Pak.
    Saya tertarik dengan program Anda.
    Boleh minta tolong dikirimkan LPJ-annya ke email saya, saydha_0mi@yahoo.co.id?
    Saya sedang berminat dalam membuat program pelatihan umat binaan yang berkelanjutan dan mandiri.
    Terima kasih sebelumnya.

    Salam kenal dari ikhwah ITS Surabaya.
    Ulin.

    BalasHapus