Jumat, 17 Desember 2010

Berkelanjutan Versus Insidental



Kegiatan kemasyarakatan adalah suatu kegiatan berbasis masyarakat yang mengutamakan kepedulian untuk sesama bukan keuntungan berupa finansial, yang dikejar adalah sumbangsih untuk masyarakat yang tentu saja secara tidak langsung itu adalah sumbangsih untuk negeri ini. Kegiatan tersebut menekankan bahwa masyarakat menjadi obyek dan pihak yang peduli menjadi subyek. Banyak macam kegiatan yang sudah sering diadakan oleh perseorangan/kelompok yang peduli kepada masyarakat, seperti bakti sosial, pembagian sembako gratis, pengobatan gratis, desa binaan, dan berbagai kegiatan kepedulian lainnya.
Inti dari kegiatan tersebut adalah sama yaitu kepedulian, tapi secara umum kegiatan-kegiatan tersebut bisa dibagi menjadi dua cluster, yaitu kegiatan yang bersifat insidental dan berkelanjutan. Kegiatan insidental adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam jangka waktu pendek dan umumnya kegiatan ini dilakukan dalam kondisi darurat atau kondisi tertentu sehingga kegiatan ini memberikan efek dalam jangka waktu yang cukup pendek. Misal kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan hanya sekali waktu. Kegiatan ini banyak dilakukan ketika kondisi yang memang darurat atau kondisi tertentu, misal pasca banjir, pasca gempa, dan kegiatan darurat atau kondisi tertentu lain, dan apabila kegiatan ini dilakukan diluar kondisi tersebut, kegiatan ini agaknya kurang sesuai, karena kegiatan ini memang memberikan efek jangka pendek dan terkesan memanjakan masyarakat sehingga mereka banyak bergantung pada kita tanpa ada kemauan untuk hidup mandiri atas jerih payah mereka sendiri.
Yang kedua adalah kegiatan yang bersifat berkelanjutan, kegiatan ini dilakukan dalam rentang waktu tertentu, kegiatan ini sangat identik dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat, yang hasil dari kegiatan pemberdayaan masyarakat ingin mewujudakn masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Berbeda dengan kegiatan yang bersifat insidental, kegiatan ini memberikan efek jangka panjang karena inti dari kegiatan ini adalah menjadikan masyarakat mandiri dan sejahtera terutama dari segi ekonomi. Kegiatan ini menitik beratkan pada pemberian keterampilan, yang selanjutnya para pelaku pemberdayaan masyarakat akan membimbing masyarakat untuk memanfaatkan keterampilan demi meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat. Kegiatan berkelanjutan ini cukup sesuai untuk mempercepat memajukan bangsa dan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Banyak yang sudah mulai konsern pada kegiatan ini, pemerintah dengan program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), LSM dengan masyarakat mandiri atau masyarakat madani, mahasiswa banyak yang memberi nama Desa Binaan, dan gerakan peduli masyarkat lainnya yang mungkin memiliki nama yang berbeda tapi intinya sama, untuk masyarakat mandiri dan sejahtera, untuk Indonesia lebih baik!
Mari terus bergerak untuk Indonesia lebih baik!
...Terima kasih...
Menteri Pengabdian Masyarakat
BEM KBM IT TELKOM 2010
*Saya Menyampaikan, Anda Memutuskan! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar